Mencari

Seorang investor selalu YAKIN bahwa rejeki itu ada di pasar Modal. Tugas sejatinya adalah mencari. Keindahannya adalah dalam berusaha menemukan. Akhirnya, kepuasannya tatkala menemukan apa yang diinginkannya

Selasa, 03 Desember 2013

Bedah saham MYRX

MYRX, saat ini berharga sekitar 500 rupiah per lembar sahamnya , kalau melihat sejarahnya saham ini pernah mencapai 740 (Juni 2013) atau bahkan 260 (Januari 2013), kisah-kisah jauh tahun-tahun sebelumnya MYRX pernah di dasar harga, 50 rupiah, namun juga pernah menyentuh ribuan rupiah.

Earning per share MYRX di triwulan 3/2013 kemarin “nol”, tidak untung namun juga, “untung-nya” tidak rugi juga. Tapi jelas lebih rendah dari triwulan yang sama tahun lalu, EPS = 4. DER perusahaan ini adalah 4.4, Karena perusahaan ini tidak bergerak di bidang keuangan, maka angka ini cukup tinggi dan mengandung resiko beban hutang yang cukup besar.

ROE, Return on Equity   3.3, kurang menarik bagi investor. Sedang Gross Margin                21.4, lumayan. EPS tahun 2012 adalah 22, jauh diatas EPS tahun 2011 yang 14. Sesungguhya angka ini bagus, namun rata—rata selama 3 tahun terakhir pertumbuhan EPS minus 6.81. Pertumbuhan salesnya juga tidak menentu selama tiga tahun terakhir nol, namun 5 tahun terakhir minus 16.37
Kalau saya boleh menyimpulkan pertumbuhan earning perusahaan ini tidak konsisten, seperti roll-coaster, terkadang naik terkadang turun, mungkin situasional tergantung adanya proyek besar pada tahun itu. Perkiraan saya ini bisa meleset, karena saya tidak memiliki informasi yang cukup.
Saya ingin bisa menghitung prospek saham ini kedepan. Bila mentah-mentah saya masukan pertumbuhan yang minus, formula menghitung, harga akan menukik turun. Namun bila melihat tren pertumbuhan sales maupun earning begitu tajam naik turunnya, jangankan meramalkan prospek, mengambil asumsi-pun saya tidak mampu. Tanpa asumsi pertumbuhan earning, jelas saya tidak bisa menghitung harga wajar saham ini saat ini.
Analisa saya memang sangat tidak memuaskan, juga buat saya sendiri. Seribu maaf.

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar