Mencari

Seorang investor selalu YAKIN bahwa rejeki itu ada di pasar Modal. Tugas sejatinya adalah mencari. Keindahannya adalah dalam berusaha menemukan. Akhirnya, kepuasannya tatkala menemukan apa yang diinginkannya

Kamis, 13 Februari 2014

Margin of Safety, belajar dari Benyamin Graham

Seorang sekaliber Benyamin Grahampun dengan rendah hati berkata bahwa “tidak ada seorangpun yang tahu bagaimana pasar akan berubah”, untuk itu Graham menganjurkan bahwa karena itu, kita harus pintar-pintar bereakasi terhadap pasar yang tidak menentu, sehingga masih menghasilkan untung, sekalipun pasar jatuh.

Ada nasihat yang sangat penting dari bukunya yang tebal: The Intelligent Investor, adalah konsep “margin of safety’. Inti dari konsep ini adalah menetapkan harga saham yang masih menguntungkan manakala pasar bisa anjlog sedalam-dalamnya. Graham tidak secara tegas bagaimana menerapkan konsep margin of safety ini, tapi ia mengambil salah satu methoda adalah menghitung Price per Book Value (PBV). Bila PBV dibawah dua pertiga, saham itu aman untuk di beli. Sehingga bila perusahaan itu bangkrut-pun, masih ada sisa untuk pemegang saham.


Saran Graham ini ekstrim, pengalaman saya pada pasar normal sulit menemukan saham yang fundamental bagus dengan PBV 0.66. Mungkin saat pasar pasca crash, bisa kita peroleh saham-saham yang demikian. Namun apakah saya harus berdoa pasar crash, sebelum belanja?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar