Semula orang mengenal Marketing-mix sebagai 4 Ps,
product, price, place dan promotion. Kemudian pada sekolah MBA ada yang
menambahkan “people” atau ada pula yang menganggap penting “positioning”
Pada hari ini setelah genap 50 hari, blogspot saya “Analisa
Fundamental 40 Saham Terbaik” telah
dikunjungi oleh lebih dari 10.000 klik. Usaha marketing yang dilakukan oleh
istri saya, seorang on-line marketer, sepenuhnya
secara remote. Sebagai seorang yang gagap dunia cyber, saya menemukan hal-hal
yang sangat menarik dalam on-line marketing, saya ingin share dengan contoh
kasus blog saya sendiri. Kalau ada input atau tambahan yang lain, silahkan
berbagi …
Product,
Product yang saya jual adalah sebuah daftar ranking top
40 saham yang diseleksi dari 468 saham di Pasar Modal. Daftar ini diperbaharui
setiap minggu.
Price,
Banyak strategi mengenai price ini, tapi terlepas dari
itu saya lebih ingin berbagi dan memperbanyak animo pemakai analisa fundamental
dalam trading saham. Jadi harga sengaja dipasang seringan mungkin, terutama
untuk pensiunan seperti saya ini. Lagi pula produk ini terlalu murah untuk
di-copy paste dan disebar lagi. Bila memang ya, saya juga tidak bisa berbuat
apa-apa.
Place,
Tempat tinggal saya di sebuah tempat terpencil yang jauh
dari keramaian kota, tentu tidak mungkin mendapatkan tempat yang strategis di
pusat bisnis yang terpandang. Untungnya bagi on-line marketer, place ya blog
saya dengan alamat: http://fundamen40.blogspot.com.
Seperti layaknya sebuah show-room, place dalam dunia on-line juga harus tetap
dipelihara agar menarik dan dikunjungi pengunjung sebanyak-banyaknya. Ada
usaha-usaha yang mirip dilakukan oleh bisnis off-line.
Promotion,
Seperti halnya dengan bisnis off-line harus ada yang
specific dan menarik perhatian. Alhamdulillah saya menemukan marketing gimmick,
berupa tulisan-tulisan singkat yang cukup dibaca dalam waktu tidak lebi dari 10
menit. Mudah-mudahan tulisan-tulisan yang saya comot sana-sini dari pengalaman
pribadi, teman dan koleksi buku-buku saya, bermanfaat bagi pembacanya. Channel
distribution dari bisnis on-line, baik service, order dan promotion istri saya
melakukannya lewat milis, face-book, sms dan lain-lain yang sejenis.
Saya memang merasakan standar Marketing Mix 4Ps tidak
cukup, masih perlu beberapa P yang lain.
Positioning,
Dagangan yang ingin saya tawarkan dari semula sudah
jelas, untuk para trader pemula. Pelajar, Mahasiswa, Ibu Rumah Tangga dan terutama
pensiunan seperti saya yang ingin mengembangkan tabungan yang telah dikumpulkan
bertahun-tahun. Dengan positioning yang gamblang seperti ini, strategi
marketing secara keseluruhan jadi juga jelas “road-map” nya.
Passion,
Harus ada semangat, antusias, excitement untuk mengelola
bisnis on-line semacam ini. Latar belakang saya yang pernah mengabdi pada
sebuah organisasi sosial pensiunan yang lumayan besar, membantu saya dalam
memelihara “passion” ini. Saya telah bertemu dengan para pensiunan yang uangnya
ludes di telan pasar modal yang ganas. Saya juga telah bertemu dengan beberapa
teman yang ingin anaknya belajar trading dan milyaran uang ayahnya lenyap di
pasar modal. Kepada merekalah saya ingin sedikit berbagi pengetahuan kecil saya
ini.
Pray,
Tiada selembarpun daun yang gugur tanpa sepengetahuan
Allah SWT. Kepada-Nya-lah kita hendaknya mengharap ridla-Nya. Dengan plat-form
yang jernih tersebut, membantu kita dengan ikhlas dan nyaman melaksanakan
ke-enam Ps diatas. Dengan kata lain, P yang terakhir ini adalah landasan bisnis
on-line saya, Insya Allah.
Salam,
Share on http://fundamen40.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar