Mencari

Seorang investor selalu YAKIN bahwa rejeki itu ada di pasar Modal. Tugas sejatinya adalah mencari. Keindahannya adalah dalam berusaha menemukan. Akhirnya, kepuasannya tatkala menemukan apa yang diinginkannya

Senin, 08 April 2013

Nyangkut



Pak saham saya masih nyangkut. Itu yang sering saya dengar keluhan dari teman-teman investor.  Saya kaget ketika tahu bahwa sahamnya yang masih “nyangkut”-itu sampai enam atau tujuh saham. Saya teliti dari ke-enam saham itu, hanya satu yang fundamentalnya kuat. Sisanya adalah saham-saham yang fundamentalnya lemah, malahan ada yang ranking terakhir dari saham-saham yang bisa saya teliti lebih mendalam.

Lalu bagaimana pak? Wah, saya tidak berani menyimpan semua saham Bapak, kecuali satu itu, itupun Bapak beli pada saat harga mahal sekali, jawab saya. Mungkin ya harus berani amputasi dan tumplekan, ke saham satu-satunya itu.

Saya juga sering mengalami saham nyangkut. Setelah dikoleksi, ternyata harganya terus meluncur turun. Namun karena saya yakin fundamental bagus, ya saya terus beli untuk menurunkan harga rata-rata. Malah ada yang average down sampai 4 atau 5 kali. Nah karena saya beli terus, harga rata-rata modal saya menjadi cukup rendah, sehingga saat recovery koleksi saham saya menjadi  yang paling cepat sembuh dengan keuntungan yang mampu mengembalikan modal saya yang hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar