Mencari

Seorang investor selalu YAKIN bahwa rejeki itu ada di pasar Modal. Tugas sejatinya adalah mencari. Keindahannya adalah dalam berusaha menemukan. Akhirnya, kepuasannya tatkala menemukan apa yang diinginkannya

Jumat, 01 Februari 2013

Fundamentalist




Seorang teman di Jogya saya pameri blog saya dan dia membaca deskripsi dibawah judul yang berbunyi: “Berpikir dan Bertindak secara Fundamental”. Ia tercenung sejenak dan komentarnya sangat mengejutkan saya,

-          “Kalo yang nggak ngerti, tulisan itu berarti untuk membeli saham harus pindah aliran agamanya ke golongan fundamentalist ya Mas?”

Saya kemudian mengecek di google “fundamentalist”, begini bunyinya di Wikipedia :

Fundamentalism is the demand for a strict adherence to specific theological doctrines usually understood as a reaction against Modernist theology…..”. Ternyata, komentar teman itu betul adanya, fundamentalist adalah istilah agama dan aliran fundamentalist ada di hampir semua agama.

Itu sebabnya maka, Michael Turner, dalam bukunya menulis dengan hati-hati : “Dalam kaitan dengan pasar modal, seorang fundamentalist adalah seorang yang menggunakan aspek financial dan operasional dari perusahaan dalam menentukan keputusan trading saham”. Analisa tersebut disebut analisa fundamental dan tradernya dikenal sebagai investor fundamental.

Aspek financial itu sesungguhnya banyak sekali ragamnya, mencakup penjualan, laba, pertumbuhan, asset, hutang, manajemen, produk, kompetisi dll.  Begitu banyak aspek financial dan operasional, padahal anda mungkin hanya berencana untuk membeli tidak lebih dari lima saham.

Disebuah buku terbitan Indonesia ada seorang penulis yang memberikan definisi yang cukup menakutkan saya,

“Analisa fundamental adalah usaha untuk mengetahui harga sesungguhnya sebuah saham pada saat itu dan prospeknya dimasa yang akan datang dengan berdasarkan aspek financial dan operasional perusahaan”

Wah, terbayang untuk memeriksa seluruh 468 emiten, mungkin anda perlu memperkejakan seorang atau beberapa orang lulusan MBA, atau mungkin anda perlu menyewa konsultan financial untuk membantu anda ber-trading saham.

Tidak. Sebagai seorang yang berlatar belakang teknik dan mendalami keuangan, saya mencari cara-cara yang lebih praktis untuk melakukan analisa fundamental. Saya menemukan Fundamen Top40 ini setelah melakukan riset dan usaha yang cukup panjang dan melelahkan. Tentu saja masih diperlukan disiplin, sabar dan smart untuk menjamin system trading yang rewarding.

Salam,
Share on http://fundamen40.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar