Mencari

Seorang investor selalu YAKIN bahwa rejeki itu ada di pasar Modal. Tugas sejatinya adalah mencari. Keindahannya adalah dalam berusaha menemukan. Akhirnya, kepuasannya tatkala menemukan apa yang diinginkannya

Senin, 25 Februari 2013

Para Juara



Semalam (24 Februari 2013), dengan hati pesimis, saya coba scanning laporan keuangan dari para emiten, siapa tahu pada hari gini sudah ada yang menyampaikan laporan keuangan tahunan 2012.
Saya mulai dari industri perbankan, karena saya anggap Bank adalah kelompok terdepan dalam penyusunan laporan keuangan. Secara alamiah, bisnis mereka adalah uang, sehingga sudah selayaknya mereka paling maju dalam administrasi keuangan.

Pada masa kini, Bank termasuk pengguna saluran komunikasi yang sangat luas. Ribuan ATM, kantor cabang, kliring antar kantor, pengesahan cek, bahkan on-line bank sudah menjadi hal yang biasa. Lalu-lintas keuangan yang sedemikian sibuk sudah dilakukan secara real-time. Di luar negeri, bahkan beberapa perusahaan multinasional raksasa sudah menutup divisi akutansi dan menyerahkan seluruh administrasi keuangannya, dari sales, sampai pay-roll karyawan ke Citibank.  Citibank yang merekam dan mengolah transaksi multi currency, 24 jam sehari dan 7 hari seminggu dari seluruh cabang yang tersebar di pelosok penjuru dunia, dengan berbagai perbedaan waktu. Bagi mereka, mengetahui cash-flow atau shot income-statement hanya terletak diujung jari. Tinggal memencet tombol, para pimpinan perusahaan instantly bisa mengetahui saldo atau piutang yang belum tertagih pada detik ini.

Selain Bank, saringan  saya yang lain adalah perusahaan plat merah. Saya tahu bahwa Bapak Menteri BUMN pasti ingin sekali perusahaan titipan dari Negara ini dikelola dengan Good Governance. Ketepatan pelaporan keuangan adalah salah satu pilar dalam trasnsparansi. Transparansi adalah hal yang tidak bisa ditawar dalam GCG (Good Corporate Governance).

Betul juga dugaan saya, saya menemukan BBRI sudah melaporkan laporan keuangan triwulan ke 4 2012. Yang lebih surprise, saya juga mendapatkan BDMN, Bank Danamon, sebuah bank swasta sudah pula menerbitkan laporan keuangan 2012. Hanya dua itu yang saya temukan, tentu ada kemungkinan saya salah, ada lagi yang tidak ter-scan oleh saya, karena memang saya tidak memiliki tools untuk scanning ini, saya lakukan secara manual.

Kepada BBRI dan BDMN, saya ucapkan selamat! Kinerja keuangan mereka juga bagus. Dalam kecepatan pelaporan keuangan, keduanya adalah JUARA!

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar