Mencari

Seorang investor selalu YAKIN bahwa rejeki itu ada di pasar Modal. Tugas sejatinya adalah mencari. Keindahannya adalah dalam berusaha menemukan. Akhirnya, kepuasannya tatkala menemukan apa yang diinginkannya

Selasa, 29 Januari 2013

Hukum Biaya





Hukum biaya berlaku dimana-mana. Untuk mendapatkan hasil yang sama, kita selalu mencari biaya yang paling murah. Setiap trader pemula selalu menanyakan berapa biaya setiap transaksi, kadang-kadang mereka lupa bahwa banyak factor lain dari sekedar biaya transaksi yang murah.

Melakukan analisa fundamental juga perlu biaya. Untuk mendapatkan laporan keuangan dari emiten memang gratis dan bisa kita peroleh dari website yang bersangkutan. Tapi bila dalam sehari kita melakukan belasan kali masuk website emiten, betapa repotnya trading kita. Untuk membandingkan parameter-parameter dari sebuah sector atau industri, PER-nya, earning growth-nya, DER nya kita perlu sebuah tools yang praktis. Bayangkan, sector property di JSX jumlahnya puluhan. Perusahaan tambang Batu Bara jumlahnya belasan. Adakah situs yang menyediakan data siap pakai? Mungkin Kita perlu berlangganan situs yang berbayar, agar waktu kita tidak terbuang banyak hanya untuk mencari data. Padahal dalam trading kita memerlukan gerak cepat karena pergerakan harga sangat dinamis.

Bila anda sedang jatuh cinta pada sebuah saham, maka lakukanlah deep analysis saham tersebut. Untuk meneliti sebuah emitten, kita perlu memeriksa secara comprehensive bagaimana sosok perusahaan tersebut. Bagaimana proyeksi sales kedepan. Bagaimana rencana Capital-Expenditure-nya. Bagaimana rencana mendapatkan tambahan modal untuk perluasan usaha. Namun kita bukan Warren Buffet dengan Berkshire Hathaway-nya yang memiliki dana hampir tidak terbatas untuk menggali informasi calon perusahaan yang akan dia beli sahamnya. Kita juga bukan institusi Dana Pensiun yang memang memiliki anggaran biaya exploration seperti itu. Celakanya, sudah mengeluarkan begitu banyak waktu dan biaya untuk mendapatkan informasi, hasilnya perusahaan tersebut tidak feasible untuk dibeli. Wah, kojur, kata orang Jogya.

Nah mungkin Fundamen Top40 bisa membantu anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar