Mencari

Seorang investor selalu YAKIN bahwa rejeki itu ada di pasar Modal. Tugas sejatinya adalah mencari. Keindahannya adalah dalam berusaha menemukan. Akhirnya, kepuasannya tatkala menemukan apa yang diinginkannya

Selasa, 22 Januari 2013

Tentang Rata-rata

Dalam dunia analisa saham, tanpa kita sadari rata-rata adalah formula yang paling banyak dipakai. Dunia komputer sudah demikian maju, sehingga grafik rata-rata dengan mudah bisa digambarkan dan diotak-atik. Mau rata-rata 5 hari? 12 hari? 20 hari? bahkan satu tahunpun tinggal klik.

Pada saat ini, moving average dan semua aplikasinya yang berdasarkan pergerakan harga rata-rata dari sebuah seri  harga penutupan sudah demikian luas dipergunakan oleh para trader. Grafik rata-rata bahkan dikembangkan lagi menjadi eksponensial atau pendekatan matematik yang lain agar gambarnya lebih halus dan lebih mudah dipergunakan.

Pada umumnya kita percaya bahwa menganalisa pergerakan harga rata-rata dapat meramalkan harga yang akan datang. Persilangan dari dua seri rata-rata, diramalkan akan terjadi break-out atau pembalikan sebuah trend harga saham. Keyakinan bahwa harga rata-rata bisa meramalkan yang akan datang ini tentu sudah melewati percobaan-percobaan yang intensif. Data mengenai harga saham setiap saat demikian berlimpah tersedia untuk memanjakan para analis saham.

Dalam menggunakan rata-rata, kita seyogyanya sedikit hati-hati. Cobalah kita amati sebuah kasus fiktif yang sangat ekstrim tentang orang meninggal yang dimakamkan disebuah kuburan, berikut,

Tanggal 1 seorang dimakamkan pada usia 65 tahun
Tanggal 2 seorang meninggal pada usia 6 tahun
Tanggal 3 seorang lagi meninggal pada usia 65 tahun
Tanggal 4 seorang meninggal pada usia 97 tahun
Tanggal 5 seorang lagi meninggal dan dimakamkan pada usia 65 tahun

Usia manusia ditangan Allah Yang Maha Kuasa, namun bolehkah kita menduga bila tanggal 6 ada yang meninggal lagi, berapakah usianya?

Berdasarkan modus, atau bilangan yang frekwensi munculnya paling sering,  usia yang akan dimakamkan tanggal 6 nanti adalah sekitar 65 tahun. Sedangkan berdasarkan rata-rata, yang akan meninggal  nanti usianya 59,6 atau 60 tahun. Nah, mana yang benar?

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar